article / Building / Rumah di Meksiko yang Punya Halaman Belakang yang Luas dan Taman Terbuka di Bagian Tengah Hunian
13 Juni 2020 7K Views

Rumah di Meksiko yang Punya Halaman Belakang yang Luas dan Taman Terbuka di Bagian Tengah Hunian

Rumah sebesar 590 meter persegi ini berada di Merida, Mexico. Rumah dengan nama Un Patio ini merupakan rumah sebuah kerluarga yang memiliki panjang dan lebar bangunan sebesar 24 x 39 meter. Rumah ini pun memiliki bukaan di bagian timur dan baratnya. Bangunan ini didesain untuk keluarga yang menjadikan seni sebagai patokannya.

Ruang tengah pada bangunan ini benar-benar didesain unik dengan adanya konsep seni dan alam yang digabungkan menjadi satu. Area ini menghasilkan ruang geometric dari grid kotak yang terefleksikan pada dindingnya di berbagai sisi dengan batako persegi panjang.

Rumah ini memiliki denah ruang yang rigid dan kaku. Hal ini pun juga tersimbolkan pada bentuk eksterior bangunan. Untuk masuk ke dalam rumah, pengunjung dapat melalui pintu depan yang berada di sebelah area parkir. Tentu saja dari area parkir pun juga dapat menjadi jalur untuk masuk ke dalam rumah. Pengunjung akan melewati koridor dari pintu grandnya langsung menuju area tengah dimana terdapat taman yang merupakan pusat dari rumah.

Pada area depan rumah terdapat ruang tamu yang dilengkapi toilet di dalamnya. Pada area ruang tamu ini pun dilengkapi dengan halaman hijau sehingga orang yang berada di dalamnya merasa lebih nyaman. Lalu untuk area depan di sisi lainnya terdapat kamar tidur yang difasilitasi dengan kamar mandi dalam dan walk-in closet.


Di sebelah kamar tidur, terdapat kamar tidur utama yang memiliki ukuran ruang cukup luas. Sama seperti kamar tidur satunya, kamar ini dilengkapi dengan walk-in closet dan juga kamar mandi dalam. Akan tetapi kamar ini memiliki area teras sehingga pemilik rumah dapat menikmati taman yang terlihat dari kamar tidur utama. Teras ini pun dilengkapi dengan bangku yang nyaman untuk bersantai.

Lalu tepat di luar kamar tidur ini terdapat ruang keluarga bersantai dimana anggota keluarga dapat berbicara nyaman dan menikmati pemandangan halaman belakangnya. Ruangan ini pun diikuti dengan area ruang makan yang besar. Tentunya ruang makan ini memungkinkan pemilik untuk mengundang tamu untuk makan bersama mereka.


Lalu ruangan yang pasti berdekatan dengan ruang makan adalah area dapur. Dapur ini sendiri terhubung dengan area servis dan juga meja dan kursi dapur dimana pemilik dapat menyantap sarapan mereka di tempat ini. Ruang keluarga yang dilengkapi dengan televisi pun berada di dalam area yang sama dengan dapurnya. Tentunya hal ini memudahkan mereka mengambil cemilan disaat menikmati acara televisi favorit mereka sedang tayang.

Rumah ini juga dilengkapi dengan teras yang besar menghadap ke kolam renangnya. Teras ini sendiri dipenuhi dengan meja dan bangku yang nyaman untuk bersantai dan mengakrabkan diri dengan keluarga ataupun teman. Bar pun tersedia di area ini sehingga memudahkan diri mereka untuk mengambil minuman. Area ini juga dilengkapi dengan televisi berukuran besar dimana mereka bisa nonton bersama dengan nyaman.


Dek lantai kayu dengan warna terang menghiasi area terasnya. Tentunya memberikan tampilan area yang terang dan juga luas. Teras ini dipisahkan dengan ruang makan melalui jendela kaca di keseluruhan dindingnya. Teras ini pun juga mendapat naungan dari eksterior uniknya yang berupa susunan balok batako yang harmonis dengan material pada ruang terbuka di bagian tengah rumah.

Untuk lantai duanya, difungsikan sebagai area studio. Pada gambaran massa memang terlihat besar akan tetapi area lantai dua ini hanya seluas seperempat besaran massanya saja. Selebihnya area ini merupakan area void yang menaungi ruang makan dan terasnya sehingga memiliki langit-langit yang tinggi. Adapun ruang kantor yang diakses melalui jalan belakang rumah dari garasi kendaraan.

Ruang terbuka di bagian tengah rumah ini menjadi jantung hunian dimana sirkulasi udara, cahaya, bahkan sirkulasi manusianya pun melalui area satu ini. Selain itu juga pemilik rumah dapat menunjukkan sisi seni pada rumah melalui lukisan dan juga pahatan yang dipajang di area ini.

Rumah ini tentunya menjadi hal yang cukup menarik untuk dibahas dengan segala keunikannya. Dari ruang terbuka di tengah hunian, teras di halaman belakang yang nyaman, hingga banyaknya area bersantai yang menyajikan beragam suasanya di dalamnya. Tentunya rumah ini menjadi inspirasi bagi mereka yang memiliki lahan rumah besar sehingga rumah memiliki area ruang terbuka yang besar diberbagai sisi.

sumber: Un Patio archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter