article / Basement / Ubah Ruang Basement Kamu dari Menyeramkan jadi Menyenangkan
24 Maret 2019 3K Views

Ubah Ruang Basement Kamu dari Menyeramkan jadi Menyenangkan

Basement atau ruang bawah tanah merupakan bagian dalam rumah yang dibangun di bawah permukaan tanah bangunan. Basement yang punya kesan gelap ini kebanyakan hanya difungsikan sebagai gudang tempat penyimpanan perkakas atau barang-barang yang tidak digunakan lagi. Padahal ruangan basement ini bisa kamu gunakan untuk melakukan aktivitas yang seru. Selain area ini tidak berada di lantai utama rumahmu, privasi ruangan ini lebih terjaga. Desain berikut ini akan menginspirasi untuk mengeksplore dan mendesain basementmu lebih jauh.


Tempat Penyimpanan Anggur



http://www.home-designing.com/

Memang sih masih difungsikan sebagai tempat penyimpanan, tapi penyimpanan koleksi minuman anggur. Desain ini berhasil menampilkan kesan bawah tanah yang masih alami namun tetap modern. Dengan dinding bebatuan dan furniture dengan material kayu nuansa alam cukup terasa. Hal unik lainnya dari basement ini adalah tangganya yang didesain menarik dengan tampak melayang.

Kamar Laundry

http://www.home-designing.com/

Untuk ibu-ibu rumah tangga akan suka kegunaan basement satu ini. Basement yang tidak terlalu besar akan tepat digunakan sebagai ruang laundry. Tidak membutuhkan barang banyak, hanya mesin cuci dan mesin pengering saja sudah cukup. Tumpukan baju kotormu pun kini tidak akan dilihat oleh orang lain ketika ada tamu di rumah.

Ruang Bermain

http://www.architectureartdesigns.com/

Kamu yang suka main dan ngajak teman-temanmu ke rumah bisa gunakan basement jadi tempat yang satu ini. Ruang bermain khusus buatmu ini jadi tempat yang menjaga ke privasian kamu sama temanmu. Kamu juga nggak perlu khawatir seru-seruan bareng bahkan tetanggamu pun nggak akan merasa terganggu.

Ruang Kerja Pribadi

http://www.architectureartdesigns.com/

Kalau kamu terbiasa bekerja dengan suasana tenang, kamu bisa manfaatin basement jadi ruang kerjamu. Selain jauh dari keramaian ruang yang lain, ruang ini bisa membuat kamu lebih santai saat bekerja. Dengan pemilihan warna yang tepat seperti putih, akan lebih menjernihkan pikiranmu sehingga ide-ide cemerlangmu dapat tersalurkan.

Ruang Baca dan Buku

http://www.home-designing.com/

Ruang baca di basement ini bisa bikin kamu lebih enjoy saat menikmati buku-bukumu. Selain tempatnya yang nyaman, perpaduan lightwood pada lantainya dan hardwood pada plafon punya keunikan tersendiri.

Ruang Santai Keluarga

http://www.home-designing.com/

Desain basement satu ini akan lebih mengakrabkan suasana kekeluargaan di rumah. Dengan mengubah basement menjadi ruang santai keluarga, akan memberikan quality-timemu bersama orang-orang terdekatmu. Dengan pencahayaan yang secukupnya, ruangan ini memberikan kesan lebih intim. Jadi kamu bisa curhat dan menghabiskan waktumu bersama mereka.

Ruang Entertainment

http://www.home-designing.com/

Nah desain basement ini bisa kamu terapin jadi ruang entertainment. Kalau kamu suka nonton film atau karaoke bersama keluarga dan teman-teman sekarang nggak perlu jauh-jauh pergi ke tempat lain. Ruang ini didesain dengan warna hijau yang gelap dan lampu yang khusus jadi nyaman dan pas buat nonton film bareng-bareng.

Basement Pecinta Musik

Jika bermain musik adalah salah satu hobi kamu, desain ini bisa jadi inspirasi. Basement tempat kamu menyimpan alat-alat musikmu akan menambah ruang untuk koleksimu. Selain itu kamu bisa memainkannya tanpa menganggu orang lain dengan suaranya. Bahkan mungkin kamu bisa bikin studio musik sendiri di rumah!

Bar Pribadi

https://www.homestratosphere.com/

Punya bar mini di rumahmu bisa kamu terapkan dalam basement. Desainnya yang unik ini bakalan cocok buat rumah kamu yang emang mengacu pada konsep back to nature. Material dinding dan lantai dari bata bebatuan disusun tidak beraturan sehingga memberikan kesan alami. Selain itu furniture dari kayu juga makin menguatkan temanya.

Ruang Megah di Basement

https://www.homestratosphere.com/

Tidak ada lagi kesan basement yang horor dan menyeramkan. Apalagi dengan ide yang satu ini, basement di sulap menjadi tempat yang terlihat mewah. Penambahan dark glass menunjukkan ke eleganan ruang ini. Terlebih lagi lampu gantung di desain dengan motif yang hampir serupa dengan karpetnya. Lucu juga ya kalau ternyata ruang basement tersembunyimu bahkan lebih bagus dari ruang tamu.

Gua di Bawah Tanah

https://www.homestratosphere.com/

Jiwa petualang kamu pasti suka liat basement satu ini. Gimana nggak? Ada gua di dalam rumah kamu pasti bakal bikin pengalaman berbeda buatmu. Dinding pada ruangan dibuat menyerupai dinding gua. Terdapat juga gambar artistik di dinding menyerupai pesan-pesan manusia gua jaman dulu. Nggak lupa juga dengan menambahkan tanaman hias sehingga benar-benar terlihat seperti gua alami.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter