article / Tips & Trick / Tips Merawat Furniture Kayu
12 Juni 2020 2K Views

Tips Merawat Furniture Kayu


Kayu jati merupakan kayu berkualitas karena kekuatan, keawetan dan keindahannya. Secara teknis, kayu ini sangat tahan terhadap serangan rayap. Kayu teras jati berwarna coklat muda, coklat kelabu hingga coklat merah tua. Kayu gubal, di bagian luar, berwarna putih dan kelabu kekuningan.

Meskipun keras dan kuat, kayu jati mudah dipotong dan dikerjakan, sehingga disukai untuk membuat furniture atau mebel jati. Dengan kehalusan tekstur dan keindahan warna kayunya, jati digolongkan sebagai kayu mewah. Oleh karena itu, jati banyak diolah menjadi kursi tamu jati, meja makan, lemari pakaian, dipan jati, dan lainnya. Sekalipun relatif mudah diolah, jati terkenal sangat kuat dan awet, serta tidak mudah berubah bentuk oleh perubahan cuaca.

 

sumber : designersofas4u.co.uk

Di Indonesia sendiri, jati jawa menjadi primadona. Tekstur jati jawa lebih halus dan kayunya lebih kuat dibandingkan jati dari daerah lain terlebih jati dari jepara yang sudah dikenal keunggulannya. Produk-produk ekspor yang disebut berbahan java teak (jati jawa, khususnya dari Jawa Tengah) sangat terkenal dan diburu oleh para kolektor baik di dalam maupun di luar negeri.

Melihat ketertarikan dengan Kayu Jati cukup besar, Maka kami akan memberikan beberapa tips untuk menjaga furniture mahal ini : 

 

1. Letakkan pada suhu normal

sumber : houseofoak.co.uk

Suhu panas dari sinar matahari yang mengenai kayu secara terus menerus dapat membuat kayu menjadi kering dan menyusut sehingga menimbulkan retakan pada lapisan kayu. Jauhkan mebel yang berbahan kayu dari peralatan yang memancarkan panas atau tempat yang langsung terpapar sinar matahari, terutama jika Anda tinggal di daerah dengan suhu tinggi. Namun, bila suhu udara terlalu lembab juga dapat mengakibatkan berkembangbiaknya jamur atau serangga yang berbahaya bagi kayu.

 

2. Gunakan Alas untuk Meminimalisir Kerusakan

sumber : freepik.com

Untuk meminimalisir resiko tergores atau terkena noda yang membuat warna kayu berubah atau kusam dan mencegah permukaan kayu dari goresan sehingga tetap mulus, Anda cukup menutup bagian atas meja dengan kain taplak atau table runner. Anda bisa menggantinya bila alas sudah mulai terlihat kusam 

 

3. Bersihkan Furniture Kayu Secara Berkala

sumber : blog.artonemfg.com

Bersihkan furniture kayu setidaknya sebulan sekali dengan menyemprotkan pledge atau cairan pelapis furniture secukupnya pada permukaan furniture kayu, lalu lap dengan kain dan biarkan hingga kering. Peralatan untuk membersihkan furniture kayu ini bisa Anda dapatkan di toko material atau toko furniture. Anda juga bisa melakukan finishing untuk mempertajam kembali warna kayu anda 

 

4. Gunakan Kuas atau Sikat Gigi untuk Bagian yang Tak Terjangkau

sumber : blog.tableschairsbarstools.com 

Pada dasarnya, dengan menggunakan kain lap saja cukup untuk membersihkan. Namun ada kalanya debu-debu, kotoran, atau jamur di furniture kayu tidak terangkat dengan baik karena terselip di antara celah. Gunakan kuas berukuran kecil dan halus atau sikat gigi untuk menjangkau bagian-bagian tersebut.

 

5. Manfaatkan Sisa Teh Sebagai Pembersih

sumber : kratomjournal.com

Selain sehat untuk dikonsumsi dan kecantikan , teh mampu memiliki fungsi lainnya, salah satunya sebagai pembersih kayu. Untuk hasil warna dan kilau yang maksimal, celupkan kain lembut dalam seduhan teh hitam, peras kain, kemudian aplikasikan  pada furniture anda  untuk membersihkannya dan biarkan hingga mengering.

 

sumber : apriliahome.com


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter