article / Bedroom / Tips Mendesain Ruang Kamar Tidur Asrama Agar Lebih Hemat Ruang dan Luas
07 November 2019 4K Views

Tips Mendesain Ruang Kamar Tidur Asrama Agar Lebih Hemat Ruang dan Luas

Beberapa mahasiswa dan mahasiswi yang hidup merantau jauh dari rumah tentunya memiliki satu permasalahan yaitu tempat tinggal. Mungkin bagi mereka yang memiliki keluarga di kota perantauan dapat tinggal di rumah keluarga ataupun saudara, namun bagi beberapa orang memilih untuk menyewa kos-kosan ataupun tinggal di asrama yang disediakan oleh kampus. Tidak heran pula ada beberapa mahasiswa/i yang memiliki teman memilih untuk tinggal di kos bersama dengan biaya sharing atau berbagi untuk biaya tempat tinggal dan kebutuhan sehari-hari. Adapun pembagian ruang juga menjadi permasalahan untuk mendapatkan ruang privasi yang nyaman untuk individunya. Berikut beberapa ide dan tips untuk menghemat ruang dan memberikan kesan luas pada kamar tidur.

1. Menggunakan Tempat Tidur Tingkat

tempat tidur tingkat via design-milk

Jika ruangan tidak terlalu besar, menggunakan tempat tidur tingkat menjadi salah satu pilihan paling mudah. Tempat tidur tingkat akan memberikan ruang lebih dibagian dasar ruangan sehingga bisa dimaksimalkan menjadi area belajar ataupun area lemari pakaian. Ruang gerak pun jadi lebih lebar ketika beraktivitas di dalam kamar tidur. Tapi tentunya harus ada yang mengalah ya untuk pilih kasur yang berada di bawah atau di atas ya.

 

2. Gunakan Furnitur Multifungsi


pemanfaatan ruang kosong dalam kamar via dormify

Furnitur multifungsi akan meminimalisir pemanfaatan ruang di dalam kamar tidur. Seperti halnya tempat tidur yang dilengkapi dengan lemari penyimpanan pada bagian bawahnya. Berbagai macam furnitur serbaguna dapat memberikan ruang gerak lebih di dalam kamar asrama. Meskipun tidak menggunakan furnitur multifungsi, namun memanfaatkan ruang kosong diantara furnitur pun juga bisa jadi salah satu solusi untuk memperluas ruangan. Bisa juga memilih furnitur yang minimalis seperti halnya penggunaan lemari pakaian dengan pintu geser.

 

3. Penempatan Furnitur yang Meminimalkan Penggunaan Ruang


penempatan kasur bentuk L via dormify

Ketika terdapat dua tempat tidur di dalam kamar, tentu saja perletakkan tempat tidur akan menjadi penentu besaran ruang yang digunakan. Seperti halnya diletakkan berdampingan, sejajar, ataupun diletakkan membentuk huruf L akan memberikan perbedaan ruang bebas di dalam kamar tidur. Tidak hanya itu saja, lemari pun juga akan menempati ruang yang cukup banyak dikarenakan tidak hanya besaran furnitur saja yang diperhatikan namun juga besaran ruang yang dibutuhkan ketika membuka pintu lemarinya.

 


4. Gunakan Wallpaper atau Warna Cerah pada Dinding Kamar

dinding warna terang via collegerecon

Wallpaper ataupun cat dinding dengan warna yang cerah akan memberikan kesan kamar lebih luas. Tentunya pemilihan corak juga akan berpengaruh pada suasana kamar. Semisalnya saja dengan menggunakan corak garis vertikal pada dinding, kamar akan terasa lebih tinggi, berbeda jika menggunakan corak garis horizontal yang memberikan kesan ruangan yang melebar.

 

5. Tambahkan Karpet ataupun Alas Lantai dalam Kamar

karpet di kamar tidur via refinery29

Meletakkan karpet pada lantai kamar tentunya akan menutupi besaran dari ubin lantai yang digunakan. Karpet sendiri juga akan memberikan kesan hangat di dalam kamar tidur. Selain itu juga karpet di lantai dapat menjadi area duduk dan berkumpul kamu dan juga teman sekamarmu. Di area karpetpun dapat dijadikan sebagai area belajar dengan ditambahkan meja lipat sebagai pelengkap ruangan.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter