article / Building / Eksterior Rumah yang Berbentuk Maze! Unik di Luar, Nyaman di Dalam!
15 Maret 2020 3K Views

Eksterior Rumah yang Berbentuk Maze! Unik di Luar, Nyaman di Dalam!

Melihat eksterior rumah ini tentu kamu akan mengingat satu bentukan unik yaitu sebuah 'maze'. Dengan bentukan geometriknya, rumah di Italia ini memberikan tampilan yang solid dan juga kokoh. Rumah yang diberi nama RGR house berlokasi di Rimini, Italia. Diprakasrsai oleh biro arsitek archiNOW, redesain dan renovasi rumah ini sangat memikat. Bangunan tua ini didesain dengan tampilan eksterior yang terinspirasi dari maze terdiri dari dinding solid putih yang dipotong dan dikeluarkan untuk membentuk fasad.

Rumah dengan luasan sekitar 500 meter persegi ini memiliki tampilan yang cantik dan seimbang antara eksterior dan interiornya. Proyek rumah ini sendiri memiliki volume bangunan yang kompleks dengan komposisi elemen yang sederhana. Kedua hal tersebut perlu dikombinasikan sehingga akan terasa lebih harmonis.

Penggunaan material yang berbeda akan memberikan konsep volume massa yang kontras. Seperti pada bangunan ini, lantai dasarnya, dinding menggunakan material batu untuk memberikan tampilan yang kuat pada bangunan dan berkesinambungan dengan tanah. Sedangkan di bagian atasnya tampilan dinding putih kontemporer menyajikan bentuk yang bold dan karakteristik yang kompleks pada bangunan.

Tampilan maze dengan dinding yang keluar serta masuk tersebut dijadikan sebagai balkon yang memberikan suasana outdoor di setiap lantainya. Lalu pada lantai dasarnya deck kayu mengelilingi dinding bangunan dimana dek tersebut menghubungkan antara indoor dan outdoor rumah. Tentunya menjadi transisi antara taman ke rumah serta memberikan kesan hangat pada rumah.

Uniknya di dalam rumah ini lantai dasar dan lantai duanya terhubung melalui tangga yang berada di luar bangunan. Sehingga untuk menuju ke lantai atasnya pemilik harus keluar bangunan terlebih dahulu. Dikarenakan hal tersebut terdapat dua buah ruang keluarga dan juga dapur di lantai dasar dan lantai dua.


Pada lantai dasarnya terdapat ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi dan juga dua buah kamar tidur dengan ukuran berbeda. Area deck yang mengelilingi lantai dasar ini tidak hanya dapat diakses melalui pintu saja namun juga dengan pintu jendela yang berada di beberapa ruang dalam rumah seperti kamar tidur dan koridor.

Lalu pada lantai duanya difungsikan sebagai area berkumpul. Ruang keluarga, ruang makan dan dapur menjadi satu deretan area. Selain itu juga terdapat kamar mandi dan ruang kerja. Balkon di luar terhubung melalui bukaan pintu jendela yang berada di ruang keluarga, ruang kerja, dan dapur.


Sedangkan pada lantai tiganya difungsikan penuh sebagai area privasi masing-masing penghuni. Terdapat satu kamar utama, dua kamar anak, dua buah kamar mandi, dan juga pantry. Balkon di luar ruangan terhubung pada masing-masing kamar tidurnya.

Interior dari rumah ini sendiri juga tidak kalah menarik. Dengan tampilan bersih dan kontemporer, penataan berbagai macam furniture di dalamnya terasa nyaman. Interior rumah ini didesain fleksibel yaitu ruang terbuka yang lebar atau ruang privasi. Pemisah antar ruangan adalah pintu geser. Pintu geser sebagai partisi ini dapat dibuka lebar jika pemilik mengingkan ruang sosial yang luas dan bisa ditutup jika membutuhkan privasi antar ruang.


Pada area ruang keluarganya, didesain bergaya kontemporer dengan sentuhan alam. Salah satu dindingnya dihiasi dengan bebatuan lalu pada lantainya menggunakan lantai kayu. Jendela kaca besar yang memiliki ketinggian dari lantai hingga plafon membuat cahaya alami masuk ke dalam ruang keluarga dan juga dapur serta ruangan lainnya yang terhubung dengan area ini.

Di bagian dapurnya terlihat kombinasi warna hitam dan putih yang saling kontras. Rak kabin pada area dapur didesain minimalis untuk menyimpan makanan dan berbagai peralatan sehingga tidak terlihat berantakan di area dapur. Area bar juga tersedia di tempat ini. Tentunya meja dan kursi bar memberikan ruang yang nyaman sebagai area makan. Ketika dinding partisi dibuka, pemandangan keluar dapur akan terasa lebih luas.

Untuk ruang kerjanya didesain kecil namun unik. Berbagai huruf alfabet menjadi hiasan wallpaper pada ruangan ini. Meja kerja diletakkan mepet ke dinding. Tentunya ruang kerja didesain agar orang didalamnya dapat lebih terinspirasi.

Rumah juga dirancang dengan sistem ramah lingkungan dimana sistem pemanas dan pendingin ruangan terhubung dengan pernggunaan panel surya. Panel surya pada atap akan menyimpan energi yang dapat digunakan untuk keperluan rumah. Sun-screen dibuat otomatis dengan sensor cahaya sehingga akan membuat area yang terkena matahari lebih teduh sehingga membuat interior terasa lebih nyaman.

Tidak hanya eksterior dan interiornya saja yang didesain dengan baik, namun lanskap tamannya pun juga sangat cantik. Taman yang mengelilingi rumah ini ditata dengan baik sehingga rumah terasa lebih asri dan juga sejuk. Pepohonan juga tidak menutupi fasad rumah yang menarik.

sumber: RGR House | All Photos by: Daniele Domenicali


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter