article / Interior / JENIS-JENIS PENCAHAYAAN KEREN PADA RUANG PENDUKUNG RUMAH ANDA
04 Oktober 2020 1K Views

JENIS-JENIS PENCAHAYAAN KEREN PADA RUANG PENDUKUNG RUMAH ANDA


Cahaya menjadi faktor penting dalam sebuah ruangan. Namun, tidak semua jenis pencahayaan bisa diterapkan di semua ruangan, Berbagai jenis pencahayaan dibedakan berdasarkan sumbernya dan intensitas cahayanya. Ada jenis lampu yang sedikit redup untuk memberikan kesan hangat, namun ada juga lampu yang sangat terang untuk menerangi seluruh ruangan. Sumber pencahayaan tersebut digunakan sesuai fungsi dan kebutuhan pada kondisi tertentu.

 

 

Copyright by Pinterest.com

Berikut adalah sejumlah jenis pencahayaan yang dibedakan berdasarkan intensitas cahaya dan kebutuhannya untuk menerangi ruang pendukung rumahmu agar rumahmu terlihat lebih elegan dan lebih keren tentunya.

 

Pencahayaan Utama Atau General Lighting

Copyright by Pinterest.com

Pencahayaan yang menentukan nuansa utama di ruangan. Misalnya, nuansa hangat dengan warna kuning, atau nuansa sejuk dengan warna putih kebiruan. General lighting bisa didapat dengan menggunakan chandelier atau lampu gantung, atau lampu utama lainnya. General lighting berasal dari sumber cahaya yang berpendar sehingga nuansa yang dimunculkan terasa alami.

 

 

Copyright by Pinterest.com

General lightning membuat orang yang berada dalam ruangan dapat melihat seluruh bagian ruangan secara jelas. Contoh general lightning, di antaranya adalah lampu gantung, lampu langit-langit, dan lain-lain. Sebagai saran, sebaiknya kamu membeli lampu yang dilengkapi pengendali intensitas cahaya, dengan begitu kamu bisa mengatur cahaya sesuai kebutuhan, apakah redup atau cerah.

 

Pencahayaan Dinding Atau Wall Lighting

Copyright by Homifydesign.com

Sesuai namanya, lampu tidak ditempatkan di plafon, melainkan menempel pada dinding ruang penghubung di rumah kamu. Bedanya lampu yang digunakan biasanya tak terlalu terang, melainkan lebih temaram. Jenis pencahayaan seperti ini umumnya digunakan untuk lampu tidur tapi bisa juga loh kamu gunakan untuk lampu pada penghubung ruang rumah kamu.

 

Copyright by Pinterest.com

Salah satu sifat utama pencahayaan ini yaitu mengarahkan pemilik rumah ke suatu ruang tujuan yang akan di datangi, serta memberikan nuansa hangat bagi pemiliknya. Biasanya pemilihan pencahayaan pada bagian ujung ruang penghubung ini menggunakan general lighting. Seperti berjalan di lorong waktu yah!

 

Pencahayaan Tersamar Atau Concealed Lighting

Copyright by Homifydesign.com

Biasanya digunakan oleh hotel atau resort, yaitu pencahayaan lampu yang ditempatkan secara tak terlihat. Biasanya cahaya berpendar di sudut tertentu, misalnya di bawah alas rak dinding. Meski tersembunyi, cahayanya tetap terlihat dan memberi kesan meneduhkan. Biasanya menggunakan warna cahaya yang kekuningan.

 

Copyright by Pinterest.com

Bagaimana beberapa macam pencahayaan yang ada diatas? Sudah memikirkan akan diaplikasikan pada ruangan kamu yang mana di rumah? Semoga bisa menjadi inspirasi yang bermanfaat yah buat kamu.

Tetap di Furnizing.com untuk mengupgrade berbagai macam informasi mengenai dekorasi rumah dan inspirasi desain rumah idaman kamu yah..


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
M. Choirul Maruf
Content writer, art enthusiast, loves to write to heal und liebe alles über Deutschland

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter