article / Interior / Berbagai Penggunaan Motif Batik pada Ruangan ini Bikin Kamu Ingin Mendekor Rumah Jadi Seperti ...
05 Oktober 2019 8K Views

Berbagai Penggunaan Motif Batik pada Ruangan ini Bikin Kamu Ingin Mendekor Rumah Jadi Seperti ...

Kita semua tentunya mengenal salah satu hasil karya budaya asli Indonesia yaitu batik. Batik sendiri memiliki berbagai corak dan keragaman serta arti yang berbeda-beda. Kain batik sendiri identik dengan pakaian ataupun berbagai busana yang digunakan untuk acara khusus atau acara resmi lainnya. Asal kain yang berasal dari berbagai kota pun bisa dilihat dengan corak khususnya. Namun bagaimana jika batik tersebut digunakan untuk mendesain interior rumah anda? Sudah mulai banyak penggunaan batik sendiri sebagai konsep maupun secara terang-terangan. Berikut beberapa contoh desain interior yang menggunakan batik sebagai temanya yang disesuaikan dengan fungsi ruangannya.

1. Hallway

Interior design by Betsy Burnham Design Luxe

Untuk hallway, penggunaan batik dapat digunakan sebagai motif wallpaper di dinding. Ketika orang masuk, pemandangan dinding bermotif tentu akan menjadi fokus utama. Pasangkan dengan beragam furniture lainnya dengan warna dan motif yang berbeda dari wallpaper. Hal ini akan membuat area hallway tampak lebih beragam.

2. Ruang tamu

Interior Design by Meg Braff The Decorated Home

Ruang tamu tentunya identik dengan sofa dan juga meja kopi. Terlihat pada gambar, motif batik diberikan pada sofa satuan yang berada dikedua sisi. Tidak lupa dipadukan dengan sofa berwarna polos dan bertekstur bulu. Pemilihan warna batik yaitu coklat dan merah memberikan keserasian pada keseluruhan warna pada ruangan, sehingga tidak menyakitkan mata malah sebaliknya menyatu dengan ruangan dinding kayu dan furniturenya.

3. Ruang Makan

Interior Design by Kirsten Kelli

Salah satu desain di atas bisa dibilang terlihat cukup elegan. Dengan berbagai material kayu yang digunakan, ruangan ini terasa sangat megah. Langit-langit yang tinggi dengan gorden pintu bermotifkan batik berwarna gelap sangat mendukung kesan megah dan keeleganannya. Perletakan furniture yang polos membuat kain batik untuk gorden terasa menonjol.


4. Dapur

Interior Design by Kim Macumber

Untuk area dapur bisa menggunakan tirai dengan motif batik yang sederhana. Tentunya ini dilakukan agar menyesuaikan dengan dapur yang tampak bersih dilingkupi warna putih ini. Warna merah memberikan sentuhan yang mengena pada orang yang melihatnya.

5. Kamar tidur utama

Interior Design by Kathleen DiPaolo

Untuk kamar tidur tentunya perlu disesuaikan dengan pemilik kamar sendiri. Salah satu contoh desainnya adalah kamar ini. Motif batik terlihat pada selimut kasur pada bagian ujungnya. Warna dan motif yang dipilih juga cukup kalem dan sesuai dengan furniture yang ada di dalam kamar. Sehingga terlihat serasi dan saling melengkapi.


6. Kamar Tamu

Interior Design by Cindy Meador

Sedangkan pada kamar tamu, pilihlah tema yang tidak terlalu mencolok. Dikarenakan kamar tamu digunakan oleh beragam orang yang berkunjung di rumah. Sesuaikan seperti pada gambar di atas. Perpaduan warna biru muda yang lembut menjadikan kamar terasa sejuk dan nyaman. Motif batik yang tertera pada selimut dan juga bantalan sofa menjadikan batik tidak sekedar ditaruh melainkan didesain dengan rapi.

7. Kamar anak

Interior Design by Carrie Hatfield


Kamar anak tentunya memerlukan warna-warna yang terang dan juga atraktif. Seperti menggunakan warna merah dan hijau dalam kamar dipadukan dengan kasur putih terasa saling menyatu dengan unik. Hal ini dikarenakan warna hijau dengan motif batik pada dinding memiliki warna yang ringan sehingga hijau tidak terlalu mencolok di kamar ini.

8. Kamar Mandi

Interior Design by Emily Ruddo

Kamar mandi pun juga bisa didesain dengan memberikan pola batik di dindingnya. Pola berulang yang ditunjukkan pada dinding memperindah dan membuat kamar mandi tidak terasa membosankan ketika kita berada di dalamnya.

9. Outdoor

Interior Design by Creasha Weglarz Design

Motif batik pada sarung bantalan sofa memang sudah tidak asing lagi. Namun perpaduan warna birunya dengan sofa putih yang berkerangka bambu ini memberikan kesan yang oriental. Tampak antik dan juga cerah pada waktu yang bersamaan. Bantalan sofa yang diletakkan pada teras ini tentunya sangat mudah dikenali dari kejauhan karena motif dan warnanya yang unik. 

10. Retail Komersial

Tory Burch store in Milan Image courtesy of Vogue

Ternyata pola batik tidak hanya cocok untuk bagian rumah saja namun juga beberapa retail komersial pun menggunakannya. Motif batik yang elegan tentunya sangat cocok diijadikan pelingkup di area retail. Tidak hanya memperindah namun juga memberikan kesan mewah di dalam ruangannya.

Jadi apa kalian minat untuk mendekor rumah kalian dengan motif batik?


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter