article / Baby and Kids / Design Rumah Ramah Anak
16 Maret 2020 2K Views

Design Rumah Ramah Anak

Rumah dengan design unik adalah impian setiap orang. Ruang tamu dengan furnitur yang menarik, bermain warna pada dinding rumah, ornamen-ornamen yang khas, koleksi keramik di sudut ruangan, kolam ikan di taman, setiap dari kita pasti memiliki sentuhan-sentuhan tertentu untuk di tambahkan di rumah. Bahkan terkadang kita rela merogoh kocek cukup dalam untuk menciptakan keindahan rumah sesuai dengan keinginan.


Keindahan rumah yang kita inginkan tidak jarang dikompromikan dengan situasi-situasi terentu. Salah satunya, ketika rumah dihuni oleh anak-anak. Anak-anak terkenal sangat aktif karena berada pada masa tumbuh kembang. Hal tidak terduga terkadang dilakukan oleh anak-aak, seperti berlarian, memasukkan segala sesutu ke dala mulut, mewarnai dinding atau lantai, bermain-main dengan furnitur rumah, dan masih banyak lagi. Sebagai orangtua, tentu saja ingin yang terbaik untuk mendorong tumbuh kembang anak. Oleh karenanya, design rumah yang aman dan ramah bagi anak menjadi penting. Design rumah jangan sampai menjadi penghambat bagi anak untuk berativitas dan eksplorasi.
Perlu sedikit kreativitas agar rumah lebih ramah bagi anak-anak tetapi tetap mempertahankan keindahannya.


Furnitur dengan ujung tumpul
Pada masa tumbuh kembang, anak-anak sangat aktif bergerak. Furnitur dengan ujung yang tumpul digunakan agar tidak membahayakan anak ketika beraktivitas. Pilihlah furnitur dengan ujung tumpul, seperti lingkaran atau oval. Jika di rumah anda terlanjur memiliki furnitur dengan ujung yang lancip atau tajam, tambahkan pengaman berbahan karet atau kayu berbentuk tumpul pada ujungnya. Tidak hanya berlaku pada barang-barang di rumah, sisi-sisi seperti dinding, lantai yang ujungnya tajam juga perlu diberi pengaman. Dengan demikian, keselamatan anak akan lebih terjamin tanpa orang dewasa harus membatasi aktivitas ataupun kreativitas mereka.

sumber : apartmenttherapy.com
 


sumber : aliexpress.com

 


Cat dinding yang mudah bersihkan
Di masa tumbuh kembangnya anak-anak senang sekali bereksperimen dengan bentuk dan warna. Mencoret-coret dinding atau lantai rumah sudah menjadi hal yang sangat biasa. Pilihlah jenis cat dinding yang mudah dibersihkan dari noda crayon, spidol, maupun cat warna. Gunakan cat dinding tersebut terutama pada ruang bermain anak-anak, di mana anak-anak biasanya bermain secara bebas. Pemilihan cat dinding memberi jalan bagi anak untuk tetap berekspresi dan mengeksplorasi bentuk dan warna tanpa harus mengorbankan keindahan rumah anda.

sumber : tummytub.co.uk

 

Karpet Tile
Anda ingin menambahkan karpet di rumah, tetapi rumah anda juga dihuni oleh anak-anak? Jangan sampai keliru memillih tipe karpet, bisa-bisa hal tersebut jutru menambah pekerjaan rumah anda. Jika rumah anda juga dihuni oleh anak-anak karpet dengan model tile mungkin pilihan yang tepat. Anak-anak dalam masa tumbuh kembang, bergerak sangat aktif. Sangat memungkinkan anak-anak secara tidak sengaja menumpahkan banyak hal ke lantai, mulai dari air hingga mungkin sup makan siangnya. Karpet tile memudahkan anda dalam membersihkannya. Anda cukup membersihkan bagian dari karpet yang kotor saja tanpa harus mengangkat seluruh karpetnya.


sumber : pinterest.com


Perhatikan Barang Pecah Belah
Anda penggemar kermaik dan ingin keramik koleksi anda terpampang indah di sudut-sudut rumah. Di sisi lain, anda memiliki anak yang sangat aktif. Anda tetap bisa memajang hiasan rumah yang pecah belah, hanya saja di ruangan-ruangan yang jarang diakses oleh anak anda. Cara lain, anda bisa menggunakan museum gel, semacam perekat yang banyak digunakan di museum-museum. Tetapi tentu saja, cara yang terakhir memerlukan kocek lebih.

sumber : 700billionreasons.com


 

Sediakan banyak tempat penyimpanan yang tertutup
Tidak akan ada kata cukup untuk tempat penyimpanan mainan atau barang-barang anak anda. Pastikan anda memiliki tempat yang tertutup untu menyimpan barang anak anda. Hal ini untuk menghindari mainan yang berantakan sehingga mengurangi estetika rumah anda.


sumber : saltyvolt.com


Di atas adalah satu dari banyak cara yang dapat anda gunakan jika rumah anda dihuni oleh anak-anak. Terpenting dari itu semua adalah ketika anda membuat design atau memilih furnitur, cobalah memilih bahan yang tahan lama. Hindari bahan-bahan plastik yang mudah rusak. Selain itu, cobalah melihat dari sudut pandang anak, apakah aman untuk mereka, apakah mereka akan kesulitan dalam beraktivitas? Orangtualah yang paling mengerti kebutuhan anaknya.

 

Sumber:
https://www.vogue.com/article/secrets-chic-kid-friendly-decor
https://www.newhomesource.com/guide/articles/family-friendly-home-design
https://www.mother.ly/life/12-features-of-a-kid-friendly-home


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter