article / Basement / 7 Rumah Ini Mengubah Image Basement yang Horor Menjadi Ruangan Seru dan Menyenangkan
03 November 2019 8K Views

7 Rumah Ini Mengubah Image Basement yang Horor Menjadi Ruangan Seru dan Menyenangkan

Basement sebagai ruang bawah tanah terkadang dikenal cukup suram dan menjadi ruang yang tidak menyenangkan atau sekedar area servis. Namun tentunya beberapa desainer tidak setuju dengan pendapat tersebur. Bagi beberapa orang basement juga dapat digunakan menjadi ruang privat yang menyenangkan. Dengan pendekatan ruang yang tepat basement pun akan terdesain menyatu dengan keseluruhan bangunan. Berikut beberapa contoh ruang basement yang disulap menjadi tempat yang mengagumkan di beberapa rumah.

1. Victorian Remix, UK by Guarnieri Architects

Studio asal British yaitu Guarnieri Architects menambahkan desain kotakan kaca pada bagian belakang rumahnya yang dihiasi taman hijau. Pada bagian basement di area tersebut didesain sebuah kolam renang dan juga hot tub. Karena dilengkapi dengan dinding kotakan kaca, ruangan ini dipenuhi dengan cahaya yang masuk.

Selain karena adanya material kaca, permukaan tanah di depan dan belakang rumah memiliki ketinggian yang berbeda sehingga basement terasa lebih terbuka dan leluasa ke area taman belakang terbukanya.

Victorian Remix

2. Apartment Tibbaut, Spanyol by Raúl Sánchez

Seorang arsitek asal Spanyol yaitu Raul Sanchez mengubah basement sebuah rumah di Barcelona menjadi bagian terpisah apartemen. Dengan partisi lengkung membagi ruangan apartemen seluas 55 meter persegi untuk digunakan sebagai area privasi. Tangganya dibuat unik dengan perpaduan batu dan kayu pine.

Lengkungan pada partisi juga dapat ditemui pada kolom penyangga ke area langit-langitnya. Karena bentukan dinding partisi yang melengkung, setiap ruangan di dalamnya memiliki bentukan lengkung ke dalam. Untuk interiornya didesain simple dengan kesan monumental di dalam ruangannya.

apartment tibbaut

3. Caroline Place, UK by Amin Taha Architects


Rumah keluarga di London ini memiliki daya tarik dengan ruangan tersembunyu di dalamnya. Amin Taha Architects mendesainkan rencana ruang terbuka dan nyaman di basement dengan dinding dan langit-langit beton kasar.

Rumah ini memiliki desain yang sangat cantik dan sederhana ditonjolkan pada material kayunya. Tidak hanya pada dinding, penggunaan kayu ini terlihat pada furniture lain dalam rumah seperti di daput ataupun toilet.

Caroline Place

4. Venturini House, Argentina by Adamo-Faiden


Rumah Venturini di Argentina ini memiliki fasad yang unik dengan ciri khas rumah di kota tersebut. Setelah dijadikan berbagai jenis kegunaan, bangunan ini direnovasi menjadi sebuah rumah hunian nyaman untuk keluarga venturini. Selain penambahan rooftop, rumah ini juga memiliki sebuah basement.

Lantai basement pada ruangan ini didesain dengan pencahayaan yang cukup dari skylight. Salah satu alasan memberikan pencahayaan yang tidak terlalu banyak pada ruangan ini karena fungsinya yang merupakan ruang yoga. Ruangan didesain agar dapat memberikan suasana tenang dan nyaman bagi orang di dalamnya.

Venturini House

5. Tinie Tempah's House, UK by OPEN London

Tinie Tempah merupakan salah satu penyanyi rap asal Inggris. Rumah ini aslinya didesain untuk kediaman Alexander McQueen yang akhirnya dibeli oleh Tinie Tempah. Berbagai desain menarik ala Afrika muncul di ruangan rumahnya.


Adapun area basementnya diredesain menjadi ruangan anak lelaki dengan berbagai permainan di dalamnya. Hal ini dilakukan karena dirinya lebih banyak menghabiskan waktu di ruangan ini dibandingkan dengan ruangan lain dalam rumah. Ruangan dihias dengan dinding penghargaan, mesin pinball, sepasang sepatu Nike dalam kotak kaca hias, dan alat gym. Tentunya dilengkapi TV dan sofa yang nyaman untuk menonton acara TV favoritnya.

Tinie Tempah's House

6. Covert House, UK by DSDHA Architects

Untuk membuat rumah tampak lebih menyatu dengan keadaan sekitar, arsitek Deborah Saunt dan Davoid Hills mendesain rumah menjadi dua lantai namun ke bawah tanah bukan ke atas.

Berbeda dengan basement lainnya, basement pada rumah ini dilingkupi area terbuka dan menampung pencahayaan dari luar karena adanya dinding kaca pada ruangannya. Hal ini tentunya juga dikarenakan aktivitas di berbagai ruang basement merupakan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya terdapat dinding kaca saja dalam ruangan bawah tanah, namun juga langit-langit beton transparan kaca sehingga skylight dapat masuk ke ruangan.

Covert House

7. Oak Pass House, US by Walker Workshop

Rumah hunian mewah di Los Angeles ini terletak di bagian selatan bukit California. Kontur perbukitan tentunya membuat rumah ini memiliki beragam leveling. Rumah ini menjadikan area bawah tanah terasa lebih menarik dengan mendesain ruang tambahan di dalamnya.

Terdapat berbagai ruang seperti auditorium, gym dan lounge di lantai tersebut. Terlihat pada salah satu ruangan bawah tanahnya yaitu ruang penyimpanan anggur. Ruangan dibalut dengan kayu Oak yang menjadikan ruangan terasa elegan. Ditambahkan pula adanya skylight tepat di atas meja kaca pada ruangan.

Oak Pass House


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter