article / Kids Room / Desain Ruang Belajar Untuk Anak yang Kondusif dan Juga Fun
12 Juli 2019 9K Views

Desain Ruang Belajar Untuk Anak yang Kondusif dan Juga Fun

Ketika anak sudah mulai masuk ke sekolah dan mulai belajar, tentunya sebagai orang tua perlu menyediakan ruang belajar yang kondusif. Selain dapat membuat anak lebih rajin belajar, desain ruang harus juga nyaman untuk anak. Perlu diperhatikan beberapa elemen yang ada di dalam ruang belajar agar dapat meningkatkan minat anak dalam belajar hal baru. Tidak perlu kesan yang terlalu serius, fun juga harus dihadirkan dalam ruangan ini sehingga anak-anak tidak akan merasa tertekan ketika belajar di dalam ruangan ini. Berikut beberapa contoh ruang belajar untuk anak yang bisa bikin makin giat.

https://id.pinterest.com

Seperti kata pepatah bilang, buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, pengetahuan pun akan bertambah. Ruang belajar dengan rak buku sangat pas untuk membuat anak jadi gemar membaca. Membiasakan kegiatan membaca ini sejak dini akan membuat anak haus akan pengetahuan dan ingin terus mencari tahu segala hal. Pilih juga perpaduan warna pada ruang belajar yang tidak terlalu mencolok dan nyaman di pandang mata.

https://www.houzz.com

Jika punya anak yang cukup banyak, ruang belajar untuk mereka bisa dijadikan menjadi satu. Dengan begitu mereka bisa saling bekerja sama dan belajar bersama. Saling membantu satu sama lain dan menambahkan suasana akrab. Selain itu juga warna kursi dan raknya yang atraktif menambahkan daya kreatifitas pada anak.

https://id.pinterest.com

Apabila anak lebih punya bakat di bidang menggambar, bekali pula dengan ruang belajar dan menggambar seperti pada desain satu ini. Membuat ruang belajar di sudut ruangan yang dilengkapi dengan papan tulis dan papan menggantung karya akan membuat anak lebih aktif dalam berkarya. Orang tua pun bisa mendampingi anaknya di ruangan ini.


https://www.houzz.com

Desainlah ruang belajar yang dapat memberikan kenyamanan dari segi penerangan. Ruangan dengan warna putih dan jendela di dindingnya dapat memaksimalkan pencahayaan di dalam ruangan. Tentunya dengan penerangan yang cukup, kegiatan belajar akan lebih menyenangkan dan juga menyehatkan karena tidak membuat mata sakit.

http://www.decoist.com

Ruangan belajar minimalis pun juga bisa diterapkan seperti gambar ini. Material lightwood membuat ruangan ini terasa terang, lapang, dan juga cozy. Adanya area duduk santai membuat anak bisa membaca sambil bersantai. Meminimalkan perabotan di dalam ruangan dapat membuat ruangan ini terfokus hanya pada kegiatan belajar saja sehingga menjadi lebih kondusif.


http://www.decoist.com

Masih dengan desain yang minimalis, ruang belajar ini menampakkan kesegaran dengan adanya jendela kaca yang menghadap ke pemandangan luar. Dinding kosong yang dihadirkan pada area depan meja menjadi pilihan agar anak lebih terfokus pada apa yang sedang dikerjakan. Suasana tentram dihadirkan dalam ruangan satu ini.

https://www.houzz.com


Menambahkan fitur ataupun elemen seperti gambar yang menarik pada dinding ruangan akan mempercantik ruangan. Selain itu lengkapi juga gambar dengan perabot yang sesuai. Seperti pada desain satu ini gambar pohon disandingkan dengan rak gantung yang tertempel di dinding. Meja dan kursi berwarna juga dapat difungsikan untuk belajar dan bermain.

https://id.pinterest.com

Terang dan juga tentram dihadirkan dalam ruangan satu ini. Ruangan yang memanjang ini pun bisa disulap menjadi ruang belajar yang asik. Meja panjang yang menghadap langsung ke arah jendela dengan pemandangan luar. Selain pemaksimalan cahaya, sesekali melihat pemandangan luar ketika belajar dapat menghilangkan rasa suntuk dan bosan. 

https://id.pinterest.com

Ruangan ala pink ini cocok untuk anak perempuan. Warna-warna pastel yang dihadirkan dalam ruangan terasa sangat menarik dan juga fresh untuk anak-anak. Meningkatkan daya imajinasi dan juga membuat anak jadi lebih semangat belajar. Tidak lupa juga gantungkan note penting seperti jadwal harian atau tugas-tugas penting di dinding sehingga anak dapat mengingat kembali hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk esok hari di sekolah.

 

https://id.pinterest.com

Untuk anak yang masih balita pun juga sudah bisa mulai diajarkan belajar sambil bermain. Bentukan ruang yang unik akan membuat anak jadi lebih tertarik belajar di area ini. Desainlah seunik mungkin sehingga anak tidak mudah bosan untuk melakukan kegiatan di ruangan ini. Lengkapi juga dengan perabot penting untuk belajar dengan konsep yang sama dengan keseluruhan desain.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter