article / Building / Cirqua Apartments: Apartemen Berbentuk Kubus yang Menyajikan Suasana Berbeda pada Eksterior dan Interiornya
04 Desember 2019 6K Views

Cirqua Apartments: Apartemen Berbentuk Kubus yang Menyajikan Suasana Berbeda pada Eksterior dan Interiornya

Salah satu bangunan di Australia ini merupakan sebuah apartemen rancangan BKK Architects. Diberi nama Cirqua Apartments, bangunan ini dirancang tahun 2017. Bangunan ini berdiri di lahan seluas 5800 m2 yang menginteprentasikan tipe bangunan rumah lokal. Apartemen ini menjadi lingkungan baru untuk wilayah East Ivanhoe.

Apartemen cirqua yang berada di area suburban Melbourne ini tentunya menyajikan desain yang diversity sesuai dengan trend pasaran apartemen. Apartemen ini juga menyajikan ruang hidup dengan infrastruktur dan material yang berkualitas, sustainable, dan juga suasana yang pas untuk individu.

Desainnya terdiri dari 44 blok hunian yang berada di area yang curam. Jendela bulat dan balkon menjadi focal point dari apartemen ini. Selain itu juga fasad ini sangat berpengaruh untuk menyalurkan pencahayaan alami ke interiornya dan juga sebagai ventilasi bangunan. Keseluruhan desainnya terinspirasi dengan struktur dan tipe rumah historic sekitarnya.


Bangunan didesain dengan material bata, rangka metal, dan juga partisi kayu yang mencerminkan material dari masa art deco dan era federasi. Kotakan bata disusun dengan kedalaman yang bervariasi. Hal ini dilakukan untuk mereplika irama dari jalanan area suburban dengan menanggalkan halaman depan yang banyak diterapkan pada rumah hunian. 

BKK Architects sendiri mengatakan bahwa apartemen ini didesain dengan memfokuskan pada aksesibilitas dan kontrol pasif lingkungannya. Hal itu dilakukan agar apartemen dapat menyajikan hunian yang nyaman untuk keluarga. 38 dari 44 hunian yang ada memiliki desain berbeda dan unik. Mereka menyajikan blok apartemen ini seperti sebuah 'rumah' bukan sebuah 'produk'.

Pada area koridor bangunan penghubung antar unit didesain unik dengan material balok kayu di dindingnya. Tidak hanya itu saja elemen bentukan bulat pun juga dapat terlihat di beberapa sisi dinding interiornya. Apartemen yang terdiri dari 4 lantai ini juga menyediakan area parkir untuk kendaraan pemilik hunian. Bentuk dan denah dari setiap blok hunian bisa tidak sama karena arah dan juga ukurannya yang berbeda.


Gambar di atas merupakan salah satu denah hunian yang terdapat di apartemen. Hunian ini memiliki satu kamar utama dengan kamar mandi dalam, dan dua kamar tidur, kamar mandi di ruang tengah, dan juga ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan yang menjadi satu kesatuan dengan dapurnya. Tidak lupa pula balkon menjadi area yang terhubung dengan ruang tengah pada rumah.

Ruang tengah yang langsung menghadap jendela bulat pada fasad tersebut mendapatkan akses pencahayaan alami yang cukup. Area ini juga terhubung dengan balkonnya yang didesain dengan adanya area bersantai. Ruangan dengan warna serba putih ini dilengkapi dengan furniture dengan warna netral abu-abu sehingga ruangan terasa lebih luas dan terang.


Untuk area ruang makan dan dapur juga dilengkapi dengan ruangan serba putih dengan beberapa aksen warna hitam pada beberapa elemen seperti meja makan, kursi, dan meja dapur. Lantai hunian dengan material kayu tentunya menambah estetika ruangan. Selain itu juga warnanya yang kalem serasi dengan keseluruhan desain ruangnya.

Kamar tidur juga dilengkapi dengan jendela yang besar sehingga akses pencahayaan dan ventilasi dapat terintegrasi ke dalam bangunannya. Jendela tersebut menciptakan ruang yang nyaman dengan adanya cahaya yang masuk ke dalam. Jendela tersebut juga didesain sebagai fasad dari bangunan yang menjadikannya bentuk dari ekspresi bangunan apartemen tersebut.

Keunikan dari apartemen ini tidak hanya terlihat dari bentukan fasadnya yang seperti kumpulan kubus hunian, namun juga terdapat pada warna dan materialnya. Dari luar, bangunan ini dipenuhi dengan material bata hitam dengan jendela bulat yang menjadi ikonik bangunan. Akan tetapi di bagian dalamnya dapat terlihat nuansa yang berbeda. Pada bagian koridor penghubung suasana coklat dan kuning dari material kayu pun sangat mendominasi ruangan. Lalu pada bagian interior huniannya, pengunjung dihadapkan dengan suasana putih bersih yang membuat rumah terasa lapang. Ketiga pengalaman berbeda itu akan membuat apartemen ini tidak membosankan.

sumber: Cirqua Apartments


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter