article / / Bagaimana Menciptakan Sebuah Ruang Bermain yang Menyenangkan Serta Fungsional bagi Anak Anda.
09 September 2018 1K Views

Bagaimana Menciptakan Sebuah Ruang Bermain yang Menyenangkan Serta Fungsional bagi Anak Anda.

Mendesain sebuah ruang bermain bagi anak-anak adalah hal yang menyenangkan. Ruangan tersebut nantinya anak-anak Anda gunakan untuk menghabiskan waktu mereka bermain dan belajar. Sehingga Anda dapat dengan bebas mendesainnya sesuai dengan keinginan maupun karakter anak Anda. Anda dapat memainkan imajinasi-imajinasi Anda bagaimana menciptakan sebuah ruang bermain bagi anak Anda yang tidak hanya nyaman namun juga anak Anda menyukainya.

Di sisi lain sebuah ruang yang menarik dan nyaman belumlah cukup, ruangan tersebut juga sebaiknya fungsional.

Bagi menjadi beberapa area yang berbeda

Jika anak Anda salah satu yang gampang bosan, Anda harus dapat menciptakan aktivitas yang berbeda pada satu ruangan tersebut. Untuk itu, Anda dapat membagi ruangan menjadi beberapa bagian. Misalnya ada ruang untuk anak Anda menonton TV, membaca buku, bermain pasir, bahkan bermain mandi bola di salah satu sisinya. Namun saat membaginya Anda juga perlu memperhatikan penyimpanannya agar tetap dapat dijangkau tangan. Selain hal tersebut membuat Anda mudah untuk merapikannya, hal itu juga membantu si kecil untuk dapat fokus pada salah satu permainan atau kegiatan yang dihadapi.

ChrisSnook.com

Letakan banyak tempat penyimpanan

Jika Anda memutuskan membuat satu ruangan khusus untuk ruangan bermain anak Anda, Anda pun harus menyiapkan banyak ruang penyimpanan. Hal ini dapat diatasi dengan membuatnya menjadi bagian dari desain ruangan Anda.

Pertama-tama Anda perlu mempertimbangkan jenis penyimpanan apa yang cocok untuk keluarga Anda.  Bila keluarga Anda hobi membaca mungkin Anda lebih membutuhkan banyak rak buku sebagai media penyimpanan atau jika keluarga Anda suka menonton Anda lebih membutuhkan media penyimpanan rak untuk menyimpan koleksi DVD Anda. Anda perlu mengkombinasikan semua itu dengan hobi anak Anda pula.

Saat Anda sudah memutuskan akan membeli perabotan sebagai media penyimpanan, fokuslah pada perabotan yang memiliki banyak fungsi dan warna yang senetral mungkin. Media penyimpanan mungkin menjadi salah satu bagian yang paling mahal pada desain Anda, namun Anda tetap harus memilih kualitas serta keamanan bagi anak Anda.

AlliedASID.com

Beri sentuhan warna melalui aksesori

Ruang bermain anak identik dengan berbagai macam warna-warna ceria yang diberikan sebagai dekorasi ruangan. Namun Anda perlu menyikapinya pula dengan hati-hati, karena anak akan terus bertumbuh dan cepat bosan sebaiknya Anda tidak memberikan warna-warna pada hal yang paten misalnya pada cat dinding ruang bermain. Anda dapat menerapkan warna-warni tersebut pada aksesori ruangan sehingga jika anak Anda bosan atau berubah kesukaannya Anda dapat dengan mudah mengubahnya tanpa mengeluarkan pula biaya yang besar.

Aksesori yang dimaksud disini cukup luas, perhatikan baik-baik jika Anda ingin mengkombinasikan warna dan pola pada tekstil seperti karpet, sarung bantal ataupun aksesori lainnya. Namun itu merupakan pilihan yang baik untuk memulai memainkan warna-warna cerah agar ruangan bermain anak Anda terkesan lebih ceria. Selain itu aksesori-aksesori besar seperti lampu dan hiasan dinding juga dapat memberikan efek yang menarik pada ruangan.

WynneTaylorFord.com

Berkreasi pada dinding ruang bermain

Anda dapat memisahkan ruang bermain dari area lain pada rumah Anda dengan berkreasi pada dinding. Tentu saja karena area yang akan di tata adalah area bermain maka Anda harus berkreasi agar ruangan tersebut terlihat menyenangkan dan lebih ceria daripada ruangan lain. Jika Anda telah memiliki sebuah tema menarik dalam pikiran Anda, maka langkah berikutnya yang Anda harus lakukan adalah menentukan titik fokus tema tersebut pada dinding ruang bermain.

Untuk memulainya, Anda dapat mengecat terlebih dahulu dindingnya dengan warna cat yang netral, setelah itu ide kreatif Anda dapat dituangkan dengan memasang stiker dinding sesuai tema yang terpikirkan. Pilihlah stiker dinding yang daya rekatnya tidak merusak cat, sehingga jika suatu saat selera anak Anda berubah maka dapat diganti dengan mudah. Bagi Anda yang tidak menyukai stiker dinding, dapat menggantikannya dengan wallpaper atau lukisan mural untuk lebih menghidupkan suasana ruangan.

Menata ruang bermain yang sempurna memang sulit, karena Anda harus membuatnya terlihat menarik di mata anak-anak sehingga membuatnya betah untuk menghabiskan waktunya di ruangan tersebut. Semoga beberapa cara diatas dapat menginspirasi Anda dalam menata ruang bermain anak Anda.




https://freshome.com/kids-playroom-ideas/


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Apriliahome
Aprilia Home adalah perusahaan furniture yang berdiri sejak 3 Januari 2017 di Kota Yogyakarta. Dimana perusahaan ini menggunakan olahan limbah tidak terpakai dari Jogja Foamindo sebagai bahan utama hingga menghasilkan produk yang berkualitas. Aprilia Home merupakan sister company dari Jogja Foamindo. Limbah foam dari Jogja Foamindo yang tidak terpakai digunakan oleh Aprilia Home sebagai bahan utama (foam) untuk memproduksi berbagai macam produk seperti poufs, pillows, dan small furnitures yang diperlukan untuk hunian maupun perkantoran. Produk yang kami tawarkan memiliki kualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Aprilia Home merupakan perusahaan lokal yang menerapkan sistem locally produced. Aprilia Home memproduksi furniture berbahan dasar limbah foam (busa) yang diperoleh dari Jogja Foamindo. Foam yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian melalui proses daur ulang hingga menjadi cacahan foam yang akan menjadi bahan baku utama dalam pembuatan furniture yang berkualitas tinggi. Cacahan foam tersebut tidak cepat kempis sehingga lebih nyaman digunakan karena lebih empuk, kuat, dan tahan lama dalam pemakaiannya. Tingkat keempukannya pun dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Demi menjaga kualitas agar selalu terjamin, proses pembuatan dan pembentukan pola dilakukan secara teliti. Selain itu, proses pencacahan foam menggunakan mesin dengan memberdayakan tenaga kerja lokal yang bertempat tinggal disekitar Aprilia Home. Sebelum dipasarkan setiap produk Aprilia Home selalu melalui quality control yang ketat untuk menjamin mutu dan kualitas produk demi kepuasan konsumen.

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter