article / Home Decor / Ternyata Furniture dalam Hunian Ini Bikin Apartemen Ukuran 19 M2 Lebih Efisien dan Nyaman!
13 Maret 2020 3K Views

Ternyata Furniture dalam Hunian Ini Bikin Apartemen Ukuran 19 M2 Lebih Efisien dan Nyaman!

Adanya keterbatasan lahan di berbagai daerah tentunya membuat ruang hunian semakin menyempit. Penggunaan apartemen pun menjadi solusi untuk hunian vertikal yang tentunya tidak memakan banyak ruang pada permukaan tanah. Akan tetapi apartemen sendiri memiliki besaran ruang yang beragam. Dari apartemen luas untuk keluarga besar hingga ukuran studio menjadi pilihan untuk orang-orang yang mencari hunian di kota yang padat.

Ab Rogers Design, studio di Hackney ini berhasil mendesain berbagai ruang dalam hunian apartemen di dalam ukuran ruang 19 meter persegi. Hal ini dapat dilakukan dengan adanya furniture dan penataan yang baik di dalamnya. Rumah dengan berbagai ruang fungsi yang biasa ditemui pada rumah tradisional, akan diubah menjadi hunian mikro yang efisien.

Sang arsitek sendiri berpikiran untuk merancang hal baru agar orang dapat menghuni area perkotaan yang menarik. Konsep small is less menjadi salah satu daya tarik terhadap apartemen ini sendiri. Untuk memaksimalkan ruang dalam apartemen, Ab Rogers dan timnya memutuskan untuk meletakkan dua unit multifungsi yang terbuat dari kayu plywood.


Unit yang pertama adalah sebuah tangga lengkap dengan rak-rak penyimpanan yang berada di anak tangganya. Tangga ini mengarah kepada kasur double di atasnya. Sedangkan bagian bawah kasurnya dijadikan sebagai almari pakaian dan juga area laundry yang tepat disebelah pintu.

Untuk unik fitur kotak kayu satunya disusun diseberangnya dengan fungsinya sebagai area dapur dan juga dinding pembatas kamar mandi. Tak lupa pula pada bagian atasnya dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan. Plywood dengan warna terang yang digunakan dikedua unit ini memberikan kesan yang hangat, nyaman, dan juga alami.


Keramik putih menghiasi keseluruhan kamar mandi di apartemen ini. Dari lantai, dinding, dan juga langit-langit menggunakan keramik yang sama dengan pola grid yang juga serupa. Hal unik lainnya tidak terdapat sudut lancip pada kamar mandi ini. Baik dinding, wastafel, dan berbagai perlengkapan lainnya memiliki sudut tumpul yang melengkung sehingga aman untuk orang di dalamnya. Selain itu warna putihnya memberikan kesan yang terang dan juga bersih di dalam.


Selain kedua unit yang memenuhi hunian tersebut, sebagian ruang lainnya masih dapat dimanfaatkan untuk fungsi lainnya. Disini ruang tersebut difungsikan sebagai ruang makan dan juga ruang tamu atau sekedar bersantai. Tentunya hal ini dapat diubah atau didekor ulang oleh pemilik apartemen sesuai dengan furniture atau desain yang mereka inginkan.

Ketinggian rumah hunian ini antara lantai dan langit-langitnya sekitar lebih dari tiga meter. Bukaan jendela yang cukup besar ini pu menjadi tempat yang sering disinari cahaya matahari alami. Tentunya membuat keadaan penghuni lebih rileks di sofa nyamannya.

Rumah dengan desain mikro tentunya menjadi sebuah solusi untuk mereka yang tetap ingin tinggal di kota yang padat penduduk dan ruang hunian yang sempit. Meski kadang terlihat sempit, semua hal itu dapat diakali dengan cara mendekor ruang dalamnya agar terasa efisien dan juga nyaman. Manfaatkan ruang ataupun furniture multifungsi sehingga tidak banyak memakan tempat di dalam hunian.

sumber: mikro apartemen 19 meter persegi


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter