article / Home Decor / 5 Ide Dekorasi Rumah Minimalis untuk Nuansa yang Lebih Natural
06 Juli 2019 3K Views

5 Ide Dekorasi Rumah Minimalis untuk Nuansa yang Lebih Natural

Tak sembarang menerapkan konsep, ide dekorasi rumah minimalis untuk nuansa hunian yang lebih natural perlu dipertimbangkan secara matang sejak awal. Hal tersebut meliputi tata ruang, interior, menambahkan berbagai macam tanaman ke dalam rumah, dan ide dekorasi lainnya.

Adanya rumah minimalis tak selalu berkaitan dengan ukuran yang kecil, melainkan konsep sederhana dan tak menaruh terlalu banyak perabotan. Terdengar mudah, namun seiring berjalannya waktu bisa saja barang-barang yang ada malah semakin menumpuk.

Apakah Anda ingin menerapkan ide dekorasi rumah minimalis untuk nuansa yang lebih hijau? Tentu saja inisiasi itu harus dilakukan secara matang sejak awal. Apalagi, menaruh berbagai macam tanaman ke dalam hunian tak semudah yang kita pikirkan. Sudahkah Anda siap?

Jika Anda merasa kesulitan untuk menerapkan konsep barusan, maka tak ada salahnya menyimak 5 ide dekorasi rumah minimalis di bawah ini agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan, yakni natural. Simak caranya sebagai berikut.

 

1. Tata Teras dengan Apik

Perlu diakui bahwa faktanya, menata teras memang bukan pekerjaan yang mudah. Jika Anda berhasil menerapkan penataan yang baik, maka teras rumah dapat menciptakan kesan luas dan hijau meski ukuran rumah terbilang mungil. Apalagi jika ditambahkan berbagai macam tanaman.

Pertama, terapkan beberapa trik seperti pemilihan dekorasi hingga furnitur. Utamakan menaruh benda-benda seperlunya seperti kursi, meja, hingga pojok menaruh tanaman. Perhatikan seluruh penempatan secara rinci agar rumah minimalis Anda dapat tampil secara maksimal.

 

source: houzz.com

 


2. Pakai Perabotan Natural

Maksud dari penggunaan perabotan yang natural di sini adalah mengutamakan dari bahan natural, contohnya kayu. Terapkan mulai dari kursi, meja, rak, dan berbagai macam furnitur lainnya. Beli atau DIY alias membuat sendiri? Ya, semuanya bergantung pada Anda.

Jika memilih untuk membeli perabotan bersifat natural, maka Anda dapat meminta pada pengrajin yang telah memiliki reputasi mumpuni. Namun bila hendak menerapkan konsep DIY alias membuat sendiri, perhatikan tutorial yang tepat agar hasilnya dapat sesuai harapan.

source: houzz.com

 

3. Buang Barang Tak Terpakai


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kendala seseorang saat dihadapkan dengan konsep rumah minimalias adalah penataan barang. Seiring berjalannya waktu, barang-barang di rumah bisa menumpuk dan bikin ruang jadi kian sempit. Maka dari itu, buang saja barang tak terpakai.

Barang-barang tak terpakai seperti koran bekas, alat elektronik yang sudah tak berfungsi, hingga furnitur rusak, ada baiknya dibuang atau dijual secara loak agar tidak menumpuk. Bisa juga disimpan ke gudang atau dirombak kembali agar dapat dipakai, sehingga tak perlu membeli baru.

source: houzz.com

 

4. Maksimalkan Ventilasi


Merujuk pada berbagai konsep rumah, ventilasi adalah elemen penting untuk menciptakan hunian yang seimbang dan sehat. Sirkulasi udara perlu dibuat agar keluar masuk secara lancar dan tidak terjebak dalam ruangan. Hindari rumah yang pengap akibat minimnya ventilasi!

Sejak pertama membangun rumah, diskusikan pada arsitek supaya ventilasi dapat dimaksimalkan pada berbagai macam sudut. Bila hal ini terwujud, bukan tak mungkin kalau rumah Anda akan selalu terasa segar karena udara dapat keluar masuk secara lancar. Jangan sampai terlewatkan.

source: houzz.com

 

5. Pilih Tanaman yang Cocok

Ada banyak tanaman yang cocok untuk mendukung ide dekorasi rumah minimalis agar nuansa terasa lebih natural. Pakis boston, palem kuning, lidah buaya hingga bonsai, bisa jadi opsi yang tepat. Meski begitu, Anda dapat menentukan semuanya berdasarkan selera pribadi.

Sudah paham dengan 5 ide dekorasi di atas? Jika sudah, maka Anda dapat mewujudkannya dari sekarang. Mengutip kata kata motivasi dari Walt Disney, If you can dream it, you can do it. Tetap semangat dan selamat mencoba!

source: houzz.com

 

sumber: Canva

Furnizing Administrator
Furnizing Administrator

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter