article / Building / Rumah Memanjang Ini Bisa Membuat Ruangan Lebih Luas dan Terang dengan Furniture Unik di Bagian Tengahnya!
22 Juni 2020 5K Views

Rumah Memanjang Ini Bisa Membuat Ruangan Lebih Luas dan Terang dengan Furniture Unik di Bagian Tengahnya!

Rumah hasil renovasi di Ghent, Belgium terbilang cukup menarik. Pasalnya rumah ini sendiri berukuran 180 meter persegi. Bentuk rumahnya pun dari depan serupa dengan berbagai rumah di lingkungan itu. Rumah dua lantai yang direnovasi oleh Fragmenture ini hanya tingkat di bagian depan saja.

Rumah memanjang ini pada bagian depannya langsung berhadapan pada jalan besar. Rumah dengan dua sisi ini pada tampak depannya dihiasi dengan material batu bata. Terlihat serupa dengan bangunan kanan kirinya, hanya saja dengan warna yang lebih gelap.

Karena bangunan rumah ini diapit tentu akan susah mendatangkan cahaya ke dalamnya. Bukaan pun hanya dapat dilakukan pada bagian depan dan belakangnya. Dalam renovasi ini, keseluruhan dinding partisi dihilangkan dan ditata kembali sehingga ruang dalamnya dapat lebih memenuhi kebutuhan penghuni.

Ketika memasuki rumah ini, pengunjung akan melewati koridor. Dari koridor ini, tepat di sebelah jalan masuk terdapat ruang tamu. Ruang tamu ini pun juga sangat luas dan terang. Jendela kaca seukuran dinding lantai satunya. Lantainya di naikkan sehingga memiliki batasan ruang dalam rumah. Material penutup lantai dan plafonnya terbuat dari parkeet kayu. Hal ini membuat ruangan terasa hangat. Desain dinding partisi raknya terlihat minimalis dan juga modern. Ruangan jadi luas dan juga terang karena warna putihnya.


Lantai satu yang difungsikan untuk aktivitas sehari-hari ini memiliki tampilan yang unik. Furniture yang sekaligus digunakan sebagai partisi ini memiliki bentuk segitiga. Furniture ini berada di bagian tengah rumah. Pada area segitiga ini juga terdapat tangga naik ke atas dan juga ruang penyimpanan barang.

Kemudian pada bagian garis miringnya, difungsikan sebagai area dapur. Peralatan dapur dan furniturenya terbagi pada dua bagian, yaitu di dinding segitiga dan meja dapur. Terdapat pula meja kursi bar pada meja dapurnya. Dapur basah pun berada di meja dapur ini.


Untuk bagian ruang yang luas dan mendapatkan penerangan dari halaman belakang difungsikan menjadi ruang makan. Tentunya ruang makan akan terasa lebih segar dan sejuk dengan adanya pemandangan dan ruang terbuka yang luas pada halaman belakangnya.


Masih dengan tema segitiganya, tamannya pun dibuat dengan ruang hijau berbentuk segitiga. Ruang penyimpanan di belakang rumah pun dibongkar dan digantikan dengan jendela kaca geser yang lebar. Baik cahaya maupun angin bisa masuk bebas ke dalam rumah dan membuat ruangan tidak sumpek seperti sebelumnya.

Sedangkan pada lantai atas rumah difungsikan sebagai kamar tidur dan juga kamar mandi. Kamar mandi ini bisa diajses dari luar ataupun dari kamar tidurnya. Toilet yang berada di dalam kamar mandi memiliki ruang tertutup sendiri sehingga tamu dapat menggunakannya dengan nyaman.

Untuk mengakses kamar mandi dari kamar tidur, penghuni dapat melalui ruang pakaian yang terhubung melalui pintu gesernya. Ruang kloset pakaian dan juga area wastafelnya berada di dekat dinding dengan jendela kaca yang besar. Hal ini tentu sangat membuat ruangan terasa terang.

Penggunaan material dikeseluruhan ruangan dalam rumah terasa sangat hangat dengan material kayu. Furniture dan juga dinding putih memberikan kesan rumah yang bersih. Ditambah lagi dengan penggunaan baja berlubang pada rak-raknya memberikan sisi elegan pada interior rumah.

sumber: archdaily


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter