article / Balcony / Balkon Mini Bikin Suasana Rumah Jadi Lebih Asik
26 April 2019 9K Views

Balkon Mini Bikin Suasana Rumah Jadi Lebih Asik

Punya rumah tingkat ataupun tinggal di apartemen, tidak akan jauh dari salah satu ruang tambahan dalam rumah yaitu balkon. Terletak di sisi rumah yang menghadap ke luar, balkon biasanya dibuat menjorok keluar dan dibatasi dengan jendela geser sebagai pembatas sisi luar dan dalamnya.

Balkon sendiri dapat digunakan untuk berbagai fungsi. Ukurannya pun bergantung pada desain keseluruhan rumah itu sendiri. Untuk balkon yang berukuran mini pun tetap dapat didesain seru dan asik untuk penghuni dan pengunjungnya.

http://www.digsdigs.com

Rumah dengan pemandangan yang cantik tidak boleh terlewatkan untuk punya desain balkon. Menikmati pemandangan luar rumah seperti pantai akan sangat menyenangkan dari balkon. Desain balkon terbuka ini disesuaikan penggunaan materialnya dengan material rumah. Tambahkan juga kursi dengan warna nyentrik untuk menghidupkan suasana balkon.

https://houseandhome.com

Apartemen di tengah hiruk pikuk kota tentunya akan membuat jenuh dan lelah. Balkon bisa jadi tempat bersantai untukmu dengan meletakkan sofa bersantai dan juga pot tanaman untuk memberikan kesegaran pada rumah. Membuatmu lebih relaks dan santai.

http://www.cuded.com

Dengan menambahkan kursi berbentuk ayunan akan menambah kesan fun pada balkon. Material alami berupa kayu pada area pelingkupnya juga memberikan kehangatan pada balkon terbuka di rumah.

http://www.cuded.com

Selain sebagai area bersantai, ternyata balkon dapat difungsikan juga sebagai area laundry. Dengan ruangan semi-terbuka, pakaian yang sudah dibersihkan dan akan dikeringkan dapat digantung di balkon. Suasana balkon pun terlihat sangat eye-catching dengan atap transparan dan papan kayu di dindingnya.

http://www.digsdigs.com

Area ini pun bisa dialihfungsikan jadi tempat bermain dan belajar anak. Anak yang masih dalam masa pertumbuhan akan menyukai ruang bermain dan belajar sendiri yang tersembunyi di dalam rumah.

http://www.designrulz.com

Jika kamu sangat menyukai adanya tanaman di rumahmu, meletakkannya di balkon bisa jadi pilihan tepat. Tidak hanya sekedar pot tanaman saja, tanaman yang digantungkan di dinding pun juga menarik. Elemen balok kayu pada dinding dan lantai yang terhubung menunjukkan sebuah jalur untuk perletakkan tanaman.


http://www.cuded.com

Elemen warna-warni untuk balkon memberikan keceriaan tersendiri. Furniture dari pot hingga kain penutup pagar balkon dibuat berwarna dengan garis vertikal pada desain kainnya. Ubinnya yang terbuat dari bata juga memberikan aksen unik pada balkon.

http://www.digsdigs.com

Karpet rumput ataupun rumput sintetis bisa kamu gunakan di balkon. Memberikan kesan seperti taman mini dan akan berbeda dari balkon rumah lainnya. Bentukan kotak kayunya pun juga menguatkan kesan ruangan ini.

http://www.digsdigs.com

Balkon yang berada di area atap pun akan menjadi unik dengan desain ini. Kursi built-in dengan material serupa dengan dindingnya. Dengan menambahkan bantal dan selimut, balkon disulap dengan baik untuk bersantai. Tidak lupa pun kamu bisa menikmati area ini dengan nyaman melihat bintang di langit pada malam hari.


http://www.digsdigs.com

Memberikan surprise kepada pasangan pun tidak harus di restoran mewah. Balkon rumah dapat disulap menjadi "sweet candle light dinner". Aksen furniture yang berwarna hitam dan dihiasi dengan lampu-lampu gantung akan memberikan kesan yang romantis.

http://www.houzz.com

Balkon dengan pelingkup kaca ini seakan-akan berada di ruang kaca. Sambil menikmati pemandangan diluar, kamu juga tetap bisa melihat apa yang terjadi di dalam rumah.

http://www.dailydreamdecor.com

Adapun balkon yang didesain tertutup seperti gambar di atas. Namun jendela kacanya dapat dibuka sehingga pemilik dapat menyesuaikan keinginannya. Sambil menikmati makan pagi, kamu bisa relaksasi di balkon ini tanpa harus mendengar suara bising dari luar rumah karena ruangannya yang tertutup.

http://www.digsdigs.com

Simple dan tetap attraktif. Meja kecil yang tersambung dengan pagar balkonnya memberikan ruang lebih untuk area balkon. Kursi yang digunakan pun hanya kursi biasa namun dengan penambahan selimut berwarna dapat membuatmu lebih nyaman.


http://www.cuded.com

Jika sebelumnya hanya menambahkan pot dan rumput sintetis, desain balkon ini sungguh-sungguh seperti taman. Tidak hanya bebatuan saja, namun juga instalasi air mancur mini membuat ruang ini tampak memukau. Elemen air memang dapat membuat ketenangan pada orang disekitarnya.

http://www.digsdigs.com

Dinding-dinding yang bermaterialkan kayu yang disusun secara acak ukurannya. Tidak perlu furniture yang terlalu mencolok karena dindingnya sendiri juga sudah memberikan impresi yang baik. Lampu yang digantung juga elok untuk balkon ini.

http://www.dailydreamdecor.com

Kayu pada lantai balkon merupakan pilihan yang tepat. Membuat balkon ini tampak kalem dan santai. Perpaduan antara garis-garis kayu dan warna netral serta tanaman lavender sungguh cantik. Tidak hanya cantik namun juga akan membuat balkonmu memiliki aroma yang wangi.

http://www.dailydreamdecor.com

Meletakkan kasur mini pada balkon membuat ruangan ini sangat cozy. Ditambahkan dengan bantal yang diprint dengan motif yang unik. Lengkapi pula dengan elemen penghiasnya seperti lampu dan kotaknya. Keseluruhan ruangan menunjukkan warna monokrom yang nyaman dipandang.

http://www.dailydreamdecor.com

Jika ruang dalam rumah terbatas, balkon juga dapat menjadi solusi untuk ruang kerja ataupun perpustakaan. Didesain dengan style modern dan jendela yang sangat lebar. Memaksimalkan pencahayaan balkon. Lantai balkonnya pun punya motif yang unik.

http://www.digsdigs.com/

Aksen balkon jadi tambah nyentrik dengan partisi kayu berlubangnya. Dengan warna biru, balkon jadi tampak cerah dan menyenangkan. Tanaman di balkon pun merupakan tanaman yang dapat digunakan untuk memasak.

http://www.digsdigs.com/

Balkon ukuran sempit pun bisa dijadikan tempat yang nyaman dengan memberikan bantalan pada lantainya. Sehingga tidak perlu meletakkan furniture yang memakan tempat. Tanaman pun juga diletakkan di area pagar balkon sehingga dapat menggantung di sisi pagarnya.


Tulisan ini adalah tulisan dari pembaca furnizing, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Sarah Dwi Putri
A dreamer | Art | Travel | Architecture | Writer | Filmaker

LEAVE A COMMENT


Comment


invisible hit counter